Uniba Siap Terima 900 Mahasiswa Baru

09 Mei 2010 , by Administrator

Selain membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah S-2 (Magister) dan S-3 (Doktor), maka Universitas Balikpapan (Uniba) tetap fokus membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa lulusan SMA dan sejenisnya, untuk melanjutkan kuliah strata (S-1) di Uniba.

Menurut Sekretaris Penerimaan Mahasisw Baru (PBM) Uniba tahun akademik 2010/2011, Rahmat Rusli ST MT, untuk tahun ajaran ini, Uniba mematok target dapat menampung sekira 900 mahasiwa-mahasiswi baru. Angka ini, terang dia, naik dibandingkan tahun ajaran lalu, dimana Uniba menerima sekira 600-700 mahasiswa baru.

"Naiknya target kami, karena fasilitas yang ada di Uniba, terutama ruang kelas dan laboratorium juga terus bertambah tiap tahun," ujar Rahmat Rusli menjawab Metro di Kampus Uniba di kawasan Jalan Pupuk Raya, Selasa (30/3) kemarin.

Ia yang didampingi Ketua PMB Uniba tahun akademik 2010/2011, M Nasir SH MH mengungkapkan, untuk tahun ajaran baru kali ini, Uniba membuka lima fakultas untuk program S-1 dan satu program Diploma 4 K3.

Kelima fakultas itu, masing-masing, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). "Masing-masing fakultas, terang dia, punya keunggulan sendiri yang mampu mendidik calon mahasiswa baru untuk jadi lulusan terbaik dan unggulan saat mereka menempuh pendidikan di Uniba," ujarnya.

Yang jelas, fasilitas penunjang proses belajar mengajar di Uniba, kata Rahmat, sejauh ini terus dibenahi dan bertambah baik. Untuk sarana dan prasarana, kampus Uniba kini dilengkapi ruang kuliah yang representatif (AC), juga ruang serba guna dan perpustakaan. Tak hanya itu, ada banyak laboratorium yang disiapkan untuk mahasiswa di masing-masing fakultas dan jurusan.

Seperti, laboratorium sipil, mesin, elektro, fisika, akutansi, komputer dan bahasa. Ada juga fasilitas peradilan semu, pojok bursa efek, sistem transportasi dan unik kegiatan mahasiswa. "Di Kampus Uniba juga sudah tersedia fasilitas akses internet atau WiFi yang bisa dinikmati secara gratis oleh mahasiswa, termasuk fasilitas WEB mahasiswa," tuturnya.

Menariknya, sejak tahun akademik 2010/2011 ini, lanjut dia, Uniba juga sudah menerapkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Dengan sistem ini, semua kegiatan administrasi akademik, diproses menggunakan teknologi komputer berbasis Web, yang dapat diakses melalui internet. Caranya, mahasiswa dan masyarakat umum bisa mengunjungi website Uniba dengan alamat : http://www.uniba-bpn.ac.id atau http://sia.uniba-bpn.ac.id

Sementara untuk mengetahui keberadaan masing-masing fakultas, jurusan hingga mahasiswa, bisa dilihat di website dirjen dikti, www.evaluasi.or.id. Ditanya soal keberadaan dosen pengajar di Uniba, ia menyebut, sebagian besar sudah menempuh pendidikan S-2 dan S-3. "Hanya beberapa saja yang masih S-1. "Dosen Uniba rata-rata syarat pengalaman dan punya kemampuan andal di bidangnya masing-masing.

Jadi, tidak salah Uniba merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Kaltim saat ini," paparnya. Uniba sendiri, tambah dia, membuka pendaftaran calon mahasiswa baru terhitung mulai 1 Maret 2010 hingga 20 Agustus 2010 mendatang. Uniknya, tiap calon mahasiswa baru, bisa mendaftar tiap hari kecrja dan menjalani test potensi akademik di hari Sabtu. "Informasi lengkap, silahkan datang langsung ke Kampus Uniba," pungkasnya.(rud)

Sumber : MetroBalikpapan, 31 Maret  2010