LogoFakultas Teknologi Industri Sejarah Singkat
search :

Sejarah Singkat

Sejarah Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan terbentuk pada tanggal 22 September 2010, dimana Fakultas Teknologi Industri tersebut dulunya merupakan Fakultas Teknik yang terbentuk bersama dengan terbentuknya fakultas-fakultas lainnya di Universitas Balikpapan 1982. Dengan adanya SK Rektor nomor : SKEP/71/UNIBA/IX/2010 maka Fakultas Teknik tersebut di bagi menjadi 2 fakultas yaitu : Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Sipil dan Perencanaan.

Awal Tahun 2012, pengelola Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan mulai melakukan perbaikan-perbaikan atas penyelenggaraan proses belajar mengajar termasuk penyempurnaan kurikulum yang pernah di susun tahun 2009. Pada bagian internal pengelolaan telah mulai menyentuh persoalan-persoalan ideal institusi seperti efisiensi, ketepatan, dan integritas institusi. Program studi pada Fakultas Teknologi Industri yaitu Teknik Mesin memperoleh Status Akreditasi ”C” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 007/BAN-PT/AK-XII/S1/V/2009 tentang status peringkat dan hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi dan Teknik Mesin dalam proses Akreditasi. Perbaikan penyelenggara manajemen terus berlanjut untuk meningkatkan status Akreditasi program studi yang ada.

Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan yang menyelenggarakan program studi Teknik Mesin dan Teknik Elektro memiliki beban Satuan Kredit Semester (SKS) berjumlah 146 ditempuh dalam 8 (delapan) semester atau dimungkinkan kurang dari 8 (delapan) semester.