LogoFakultas Sipil dan Perencanaan Sejarah Singkat
search :
Sejarah Singkat
Rahmat, ST., MT.
Dekan FTSP-UNIBA

Sejarah Singkat

SEJARAH SINGKAT
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Balikpapan (FTSP-UNIBA) awalnya bernamaFakultas Teknik lahir bersamaan dengan berdirinya Universitas Balikpapan (Uniba) pada tahun 1983.Sejalan dengan perkembangan Universitas Balikpapan Fakultas Teknik berkembang menjadi 2 (dua) fakultas yaitu dengan diterbitkan Surat Keputusan Rektor Universitas Balikpapan Nomor SKEP/70/UNIBA/IX/2010 Tanggal 22 september 2010 tentang Perubahan nama Fakultas Teknik.menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan Fakultas Teknologi Industri.

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan masih memiliki 1 (satu) Program Studi Teknik Sipil, adapun Penyelenggaraan Program Studi Teknik Sipil pertama kali dengan ijin operasional l tahun 1986 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0395/0/1986 pada tanggal 23 Mei 1986, dan penetapan kembali status terdaftar pada tahun 1992

Berdasarkan surat keputusan DirekturJendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia denganNomor: 398/Dikti/Kep 1992 tanggal 19 Agustus 1992. Kemudian pada saat ini kembali mendapatkan Perpanjangan Ijin Program Studi Teknik Sipil Jenjang S-1 berdasarkan Surat Departemen Pendidikan Nasional Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wlayah XI Nomor:2278/D/T/K-XI/2010. Dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Perkembangan FTSP-UNIBA bukan merupakan perkembangan tersendiri, melainkan sebagai bagian dari perkembangan Universitas secara keseluruhan. Dalam upaya memberikan nilai tambah dan kesempatan untuk melakukan kegiatan disetiap program, sehingga FTSP-UNIBA mampu mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi yang berwawasan kebangsaan, menjunjung tinggi harkat kemanusiaan, serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan IPTEK bidang Keteknikan di era globalisasi.